Skip to main content

Kesan Pertama Datang ke Singapore

Pengalaman Pertama Hidup di Singapore





Hai  gengs...
Diartikel  kali  aku  akan  share  cerita  sama  kalian  sesuai  dengan  judul.  Langsung  aja. 
Yahh...  Jadi  pada  tahun  2014  itu  bener-bener  pertama  kalinya  aku  menginjakkan  kaki  di  Singapore.  Awalnya  memang  ada  perasaan  takut,  grogi,  dan  masih  banyak  lagi  perasaan-perasaan  yang  lain,  pokoknya  campur  aduk  gitu  deh. 

Terutama  adalah  takut  akan  bahasa  yang  berbeda,  kebudayaan  yang  sangat  jauh  berbeda,  ya  aku  sendiri  merasa  semua  berbeda  sih. 
...oke.  tentang  bahasa,  yapp  otomatis.  Sebagian  besar  orang  disini  menggunakan  bahasa  Chinese.  Secara  formal  memang  bahasa  disini  Inggris,  tapi  jangan  salah  guys.  Tidak  semua  orang  disini  bisa  berbahasa  Inggris.  Ada  sebagian  orang  yang  hanya  berbicara  dalam  bahasa  Chinese.  Nahh  itu  dia  kendalanya.  Sedangkan  bekal  bahasa  aku  hanya  satu,  yaitu  Inggris.  Itu  juga  belum  mahir-mahir  gitu  guys. 
Tapi  jangan  khawatir  yah,  buat  kalian  yang  siapa  tau  pengen  holiday  kesini  santai  aja,  mereka  yang  tidak  bisa  berbaha  Inggris  ternyata  bisa  loh  berbicara  dalam  bahasa  Melayu.  Yah  lumayan  lah,  kan  hampir  mirip-mirip  tuh  sama  bahasa  Indonesia.  Terutama  orang-orang  tua.

Sedikit  cuplikan  deh  buat  temen-temen  semua.  Jadi  pernah  nih  ya  ,suatu  hari  aku  mau  beli  makanan  buat  makan  siang  gitu.  Nahh  kebetulan  yang  jualan  gak  pake  bahasa  inggris
aku  "wanton  noodle  tapau" (tapau  itu  bahasa  Chinese  yang  artinya  take  away  /  bungkus)  *maap  guys  nulisnya  gatau  bener  atau  nggak,  tapi  yang  pasti  ngomongnya  begitu  deh..hehe  tapau  tapau  gitu.
penjualnya  "oke!  Chili  ?"
aku  "ya!  Can  you  give  me  some  soup  please?  Thanks!"
penjualnya  "^#€/@%_×££=** bingung £×^@&@*"
aku *aku  ulangin  lagi  sambil  nunjuk  sup  sama  praktekin  menggunakan  tangan  juga*
...tapi  penjualnya  tetep  gapaham  guys...ahahah...
Dan  akhirnya  ada  orang  lewat,  cewe  China  masih  muda  gitu,  minta  tolong  deh  aku  sama  dia  buat  nransfer  apa  yang  aku  omongin.  
aku  "sorry  miss,  can  you  help  me  please"
dia  "yes?  anything?"
aku  "tell  her,  if  i  ask  some  soup.  Because  i  don't  know  what  she  talking...hehe.  Thanks".
dia  *bilang   sama  penjual  yang  aku  nggak  nggerti  mereka  ngomong  apa*
penjual  "oh  oke!  Sorry  sorry  (bilang  ke  aku)
aku  "thankyou  so  much" (ke  cewe  itu)
dia  "no  worries"
aku  "is  oke,  no  problem" (ke  penjual)
Gitu  deh,  akhirnya  dapet  juga  yang  dibeli.  Sebenernya  sepele,  tapi  coba  kalo  nggak  ada  orang.  Kamu  pas  laper  malah  yang  dibeli  gak  sesuai.  Ya  kan.  Hahah.  Tau  sendiri  lah  ya,  sebagian  besar  orang  lapar  itu  sensitif  guys.  Walaupun  nggak  marah  sama  sipenjualnya  tapi  mesti  ada  rasa  kesel  sendiri  gitu  kan.

Terus  juga  nih  ya.  Misalnya  kalian  di  Indonesia  merasa  udah  mahir  bahasa  Inggris,  belom  tentu  loh  bisa  mahir  saat  kalian  praktek  langsung  ketemu  orang  yang  memang  bahasa  sehari-seharinya  itu  Inggris.  Jadi  kalian  perlu  praktek  gitu.  Aku  udah  pernah  ngalamin  guys.  Hahahah...  Pokoknya  pertama  kali  dateng  denger  orang  ngomong  masih  agak  kaku  kagok  gitu.  Karna  logat  yang  kita  pelajari  berbeda  dengan  prakteknya.  Penduduk  disini  itu  dari  berbagai  macam  bangsa  juga,  kaya  misalnya  China,  Philipina,  India,  Western  (bule),  Malaysia, mereka  sama-sama menggunakan  bahasa  Inggris  tapi  logat  mereka  berbeda-beda  gitu.  Untuk  aku  pribadi  sih  lebih  gampang  denger  orang  Asia  ngomong  yah.  Karna  kalo  denger  orang  Bule  ngomong  itu  berasa  kaya  kumur-kumur  gitu.  Maklum  telinganya  wong  Jowo  yo  ngene  iki.  Hehe.

Masalah  makanan  juga.  Yang  sebenernya  aku  bukan  tipe  orang  yang  pilih-pilih  makanan  alias  apa  aja  doyan,  sampe  sini  uhh  sesuatu.  Semunya  berasa  gak  enak.  Maklumin  guys  lidahnya  orang  Jawa,  yang  sukanya  makan  sambel,  makanan  agak  asin  manis  gurih  gitu,  gak  makan  sambel  kaya  gak  berasa  makan  kan  yaks.  Disini  semua  makanan  kaya  nggak  ada rasanya,  hambar  : ( .
Tapi  mau  gak  mau  tetep  harus  makan  ya  kan,  seiring  berjalannya  waktu  jadi  terbiasa.

Yang  paling  mencolok  adalah  perbedaan  budaya  antri  dan  buang  sampah.  Hahah.  Yang  dulunya  suka  buang  sampah  sembarangan,  sekarang  kalo  punya  sampah  disakuin  dulu.  Maklum  disini  kalo  kena  CCTV  pas  buang  sampah  sembarangan  bisa  kena  denda  dan  gak  murah.  Antri  tertib  sekali.  Maaf  bukannya  tidak  bangga  dengan  Negara  sendiri,  tapi  memang  kenyataan  berkata  demikian.  Di  Indonesia  belum  tentu  yang  antri  baris  pertama  dapet  duluan,  saya  pernah  ngalamin.  Yang  belakang  pada  brutal  serabutan  gitu,  pada  saling  dorong-dorongan.  Dan  kalo  orang  yang  pendiem,  lugu,  baik-baik  udah  pasti  kalah.  Disini  itu  tidak,  antri  ya  antri,  terbib  banget  deh.

Kemudian  transportasi. 
Di  Singapore  hanya  ada  3  transportasi  publik
  1.  Bus
  2.  MRT  (Mass  Rapid  Transit)  /  Kereta
  3.  Taxi
Awalnya  aku  bingung,  "gimana  sih  caranya  naik  kendaraan  itu"
Ternyata  kita  perlu  membeli  card  terlebih  dahulu  untuk  menaiki  kendaraan  tersebut. 

card (dewasa)

Cardnya  seperti  gambar  diatas.  Itu  digunakan  untuk  orang  dewasa  saja.  Untuk  umum  gitu.  Karna  card  untuk  anak  kecil  (kids),  pelajar  (student),  dan  orangtua  (senior  Citizen),  cardnya  berbeda.  Perbedaannya  adalah,  jika  adult  tampilannya  begitu  bisa  digunakan  oleh  siapa  saja.  Tapi  untuk  kids,  student,  dan  senior  Citizen  disertakan  foto +  nama  +  nomor  identitas.   Tarifnya  juga  berbeda.  Adult  tarif  normal  sedangkan  yang  lain  lebih  murah.  Card  ini  seperti  KTP  gitu  tebalnya,  ya  mirip-mirip  kartu  ATM.  Kalian  bisa  beli  card  tersebut  dibeberapa  stasiun  MRT.  Dan  isi  ulang  uangnya  tersedia  disetiap  stasiun  MRT.

pintu masuk MRT station

machine isi ulang card

Untuk  yang  sudah  pernah  ke  Singapore  pasti  tau.  Kita  tinggal  tap  card,  pintu  automatic  kebuka,  masuk  deh  kita.  Keluarnya  juga  sama  seperti  itu.
Kemudian  jika  uang  dalam  card  sudah  tidak  mencukupi,  kita  tinggal  isi  ulang  aja  pake  machine  itu.  Santai  aja,  disana  tersedia  4pilihan  bahasa  (Inggris,  Melayu,  Chinese,  India).  Tinggal  ikuti  petunjuk  yang  ada  aja.  Tapi  kalo  kalian  takut  salah,  bisa  juga  ko  isinya  di  kaya  semacam  pos  security  gitu.  Tempatnya  tepat  disebelah  pintu  masuk  itu  ko.  Bilang  aja  isi  ulang,  kasih  uangnya.  Udahdeh  selesai.  Tapi  kalo  berkunjung  hanya  untuk  Liburan,  kalian  beli  saja  card  yang  khusus  tourist  gitu  "Singapore  Tourist  Pass"  bisa  dibeli  di  Changi  Airport  MRT.  

Ketemu  orang  baru  dari  berbagai  macam  negara,  berteman.  Awalnya  takut  mau  ngomong  gitu  pas  awal-awal,  maklum  takut  salah  terus  malah  jadi  salah  paham.  Tapi  sekarang  lama-lama  jadi  biasa.  Hehe.  Udah  berasa  ngobrol  biasa  pake  bahasa  sendiri.  

...oke  !
Sampe  situ  aja  yahh  guys  ceritanya,  lain  waktu  aku  akan  sharing  lagi  sama  kalian.  Sebenernya  masih  banyak  sih  kejadian-kejadian  yang  lain,  tapi  nanti  kalo  panjangnya  melebihi  jalan  kereta  kalian  jadi  ngantuk  bacanya.  Ahahah.

Yapp... Untuk  informasi  lebih  lanjut  kalian  bisa langsung  aja  kirim  email  ke  aku  atau  tulis  dikolom  komentar  juga  boleh.

Semoga  kalian  suka  ya,  mudah-mudahan  bermanfaat  juga.
Thanks  buat  yang  udah  baca.
See  you  in  my  next  story  guys.

Comments

Popular posts from this blog

Kena Tipu Temen Sendiri

Kehilangan Hello...  Aku lagi guys.  Hehe.  Jangan bosen-bosen yaks jumpa aku terus-terusan.  Kali ini aku ada bawain kalian cerita lagi loh.  Iya!  Mesti dong kejadian dari aku sendiri.  Dan disini aku bukan sedang bermaksud untuk menyebarkan fitnah atau apapun ya guys.  Aku cuma mau ngasih tau kalian sesuatu yang pernah terjadi sama aku,  yang harapannya biar nggak terjadi ke kalian juga guys.  Aku sayang loh sama pembaca Setia artikel-artikel aku ini.  Hehe.  Nggak ngrayu loh yoo.  Cius deh. Langsung ke topik! Jadi waktu itu pas aku baru dateng ke Singapore,  aku langsung punya temen yang super duper baik kaya malaikat.  Karna aku pikir kita sama daerah asal "Cilacap" jadi ya aku oke oke aja main sama dia gitu.  Apalagi di Singapore kita juga tetanggaan,  satu komplek apart tapi beda blok gitu.  Deket banget pokonya mah.  Nahh setelah beberapa Bulan aku disini,  belum ada satu tahunan gitu tiba-tiba aku sibuuukkk banget banget.  Yang dimana bertepatan dengan itu,  aku

Cara Mengisi Waktu Luang Agar Menyenangkan

Kegiatan Yang Aku Lakukan Untuk Mengisi Waktu Luang Heloha guys...  Gimana kabar?   Sehat kan?   Sehat dong?  Harus yah! Maksa banget yaks.  Ehehe.  Biarin aja deh. "..." oke!  Seperti biasa di artikel aku isinya selalu dari aku pribadi guys.  Nahh sekarang aku mau Kasih tau ke kalian,  kegiatan apa aja sih yang aku lakuin buat ngisi waktu kosong aku biar nggak bosen.  Pastinya dong yakan.  Walopun nih ya kalian libur dan nggak ngapa-ngapain dirumah mesti bosen.  Jujur deh.  Tidur terus aja cape kan. Yapp...  Langsung aja ya gengs. Ini dia beberapa kegiatan aku   ■   Nonton Kartun     Jujur deh.  Aku rasa kegiatan ini wajib kalian lakukan pas hari libur / waktu luang tentunya.  Apalagi buat kalian yang sudah memasuki dunia kerja, kalian perlu banget guys buat kegiatan yang satu ini.  Bosen itu berarti perlu hiburan kan.  Nahh dengan nonton kartun yang kamu sukai,  misal spongebob, tom & jerry, donald duck, buat yang cewe-cewe kartun princess mungkin,  atau

Perasaan Pertama Kali Nulis di Blog

Perasaan Pertama Kali Mau Bikin Blog  "..." Ehem ... Hai guys.  Ketemu lagi kita.  Yapp jadi di artikel kali ini aku mau bahas tentang kegalauan aku pas awal-awal mau nulis.  Bukan sedikit loh pikiran-pikiran yang ganggu niat aku buat bikin Blog.  Banyak banget deh pokoknya. Aku tau,  emang nggak begitu penting sih.  Tapi siapa tau ada beberapa dari kalian yang mempunyai perasaan serupa sama aku yakan?  Ehehe.  So,  aku rasa nggak ada salahnya deh di abadikan gini. Langsung saja.  Ini dia hal-hal yang bikin aku kaya berasa maju mundur buat bikin Blog ini.    ●  Takut  Dibully    Karna kebiasaan dari aku sejak masih sekolah aku sering dibully jadi kebawa deh sampe sekarang,  rasanya masih trauma gitu.  Iya meskipun sekarang,  pokoknya sejak mulai masuk dunia kerja udah nggak pernah dapet bully.  Ehh kayaknya sih nggak pernah ya seinget aku.  Apalagi sekarang ini.  Karna sekarang aku orangnya masa bodo ah, kalian mau ngomong apa.  Bukan kalian yang ngasih maka